Article

 
  1. Baja Ringan 

    Kegunaan baja ringan dalam struktur di dunia konstruksi telah berkembang sangat pesat. Baja ringan ini terdiri dari potongan profil baja yang memiliki berat yang relatif jauh lebih ringan dari bahan lainnya, namun memiliki kekuatan yang cukup untuk mendukung struktur bangunan. Profil baja ini seringkali memiliki ketebalan yang tipis dan ringan.

    Pada umumnya, bahan dari struktur baja ringan adalah baja G 550. Baja ini adalah baja yang memiliki mutu tinggi dengan standardisasi 550 Mps (5500 kg/ cm2) high tensile strength. Dasar kekuatan ini adalah elemen vital pada kekuatan struktur baja ringan. Berdasarkan data kekuatan baja ringan, baja ringan tipe ini memiliki kekuatan leleh minimum 550 Mpa. Baja ringan juga diharuskan memiliki uji laboratorium dan memiliki sertifikat pembuktian bahwa baja tidak boleh putus pada saat ditarik dengan kekuatan 500Mpa. Baja ringan tipe ini juga diharuskan memiliki modulus geser dan modulus elastisitas.

    Baja ringan, pada dasarnya, dibuat dari pemotongan pelat baja tipis/ lembaran baja-baja tipis yang terbuat dari baja murni dengan menggunakan teknologi roll forming. Proses ini dilakukan dalam kondisi dingin sehingga seringkali disebut dengan baja cold rolled. Karena hal ini, baja ringan juga memiliki kekuatan yang melebihi baja yang biasa dibentuk dengan teknologi hot rolled.

    Harga baja ringan dapat dilihat pada bagian CNP pada halaman utama.

 

   
   
   
   
   
   
   

 

Besi Bandung Juara
Jl. Kiaracondong. Bandung, 40000
Bandung - INDONESIA
Tel : +62 (22) 733 7318
Tel Sales Div.: +62 811238802
Fax: +62 (22) 4208836
Email: cs@tokobesibandung.com